Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

WOW, IRAN BERHASIL CIPTAKAN GENERASI BARU OBAT BIOTEKNOLOGI

Tanggal: 6 February 2012 | Sumber: REPUBLIKA | Penulis:

REPUBLIKA.CO.ID,  TEHERAN -- Republik Islam Iran kian memperkuat diri dengan berswasembada di berbagai bidang. Dalam bidang farmasi pun, negeri Para Mullah itu telah berhasil mewujudkan swasembada.

Senin (6/2) pagi, Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad meresmikan pabrik protein baru dan Prokonvertin (Factor VII/NovoSeven). Keduanya termasuk generasi baru obat bioteknologi.

Peresmian pabrik obat generasi baru  itu digelar di Perusahaan Environmental Medicine Ryzun di kota Garmdare, Provinsi Alborz dan dihadiri sejumlah pakar farmasi. Dengan dimulainya produksi obat-obatan ini, setiap tahunnya Iran dapat menghemat sekitar 100 juta dolar AS.

Prokonvertin (Factor VII/NovoSeven) adalah obat untuk mengobati penyakit Hemofilia dan Iran setiap tahunnya harus mengeluarkan biaya sekitar 50 juta dolar untuk mengimpor obat ini.

Sementara itu, protein baru khusus antibodi monoklonal adalah produk lain yang diresmikan pembuatannya oleh Ahmadinejad. Produk antibodi terbaru dari jenis obat bioteknologi membuat Iran menempati urutan kedua setelah Denmark yang berhasil memproduksi prokonvertin khusus pagi penderita hemofilia (kelainan genetik darah).

Sementara keberhasilan Iran memproduksi antibodi monoklonal menjadikan negara ini berada di urutan kesembilan dunia yang mampu memproduksi antibodi jenis ini.