Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

WORKSHOP BIOTEKNOLOGI: MODERN AGRICULTURE FOR BRIGHTER FUTURE DI MEDAN

Tanggal : 29 June 2012 | Sumber : CBU

Workshop dengan tema "Pertanian Modern untuk Masa Depan Yang Lebih Cerah (Modern Agriculture for Brighter Future)" diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara pada tanggal 19 Juni 2012. Workshop ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bioteknologi bagi pejabat pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya sehingga dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mengkomunikasikan teknologi kepada masyarakat umum dan mempercepat penerimaan biotek di Indonesia.

 

Kepala dinas pertanian Sumatera Utara, Ir. M. Roem S. menyatakan antusiasmenya terhadap tanaman biotek, beliaupun menambahkan bahwa teknologi semacam ini sangat berguna bagi pertanian dan produktivitas pangan. Pembicara terkemuka lainnya adalah Dr M. Herman dari ICABIOGRAD, Ir. Winarno Tohir dari KTNA, Prof Edison Purba dari Universitas Sumatera Utara, dan Ir. Dahri Tanjung, Pusat Kajian Resolusi Konflik dan Pemberdayaan, Institut Pertanian Bogor (CARE IPB).

 

Ir. Dahri Tanjung membahas dampak ekonomi dan sosial dari produk rekayasa genetika (PRG) seperti jagung biotek antara lain: a) meningkatkan produksi nasional, b) meningkatkan kualitas produk, dan c) penghematan biaya bagi konsumen baik melalui penurunan harga serta meningkatkan surplus konsumen.

 

Acara ini diakhiri dengan kunjungan ke lapangan uji terbatas (LUT) jagung biotek di Tanjung Selamat, Sumatera Utara.

 

Informasi bioteknologi di Indonesia hubungi: Dewi Suryani di catleyavanda@gmail.com.