Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

WEMA BERI HARAPAN PADA PETANI UNTUK MELAWAN ARMYWORM DI KENYA

Tanggal : 28 February 2018

Para petani Kenya merasa sedih dengan gangguan fall armyworm di lahan jagung mereka. Serangan dimulai sebagai situasi yang sederhana dan tampaknya mudah diatur, namun telah berkembang dengan lebih besar membutuhkan perhatian lebih banyak dan strategi untuk menyelesaikannya. Wabah fall armyworm, yang telah mempengaruhi daerah pertumbuhan jagung utama di wilayah tersebut diperkirakan mengurangi produksi tanaman hingga 5 persen.

 

Menurut Dr. Murengan Mwimali, seorang ilmuwan di Kenya Agricultural and Livestock Research Organization (KALRO) Katumani Station, mereka telah mengembangkan jagung yang dapat mengendalikan serangan dan tahan terhadap kekeringan. Varietas jagung hibrida disebut sebagai DroughtTEGO™ dikembangkan melalui program Water Efficient Maize for Africa.

 

“Kami memiliki benih varietas jagung unggulan di pusat Kiboko, Kitale, dan Katumani kami, yang tangguh dan tahan dan dapat efektik mengendalikan fall armyworm dan juga berkembang dalam kondisi kering,” ujar Dr. Mwimali. Dia juga menekankan bahwa dengan masalah yang dihadapi, pemikiran baru dan gagasan inovatif diperlukan. Dia juga meminta pemerintah untuk memfasilitasi pengambilan inovasi teknologi baru yang efektif, terutama di sektor benih untuk mengurangi dampak kekeringan dan hama.

 

Baca artikel aslinya di Daily Nation  https://www.nation.co.ke/business/seedsofgold/Hope-for-farmers-battling-armyworm/2301238-4307608-g6ohpl/index.html.