Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

WAGENINGEN UR KEMBANGANKAN METODE UNTK MEMILIH TANAMAN DENGAN FOTOSINTESIS LEBIH BAIK

Tanggal : 2 March 2016

Para ilmuwan dari Universitas Wageningen dan Pusat Penelitian di Belanda (Wageningen UR) telah mengembangkan metode yang pertama untuk secara akurat dan sekaligus mengukur fotosintesis dihampir 1.500 tanaman.

Metode ini menggunakan robot analisis citra yang disebut Phenovator, dirancang oleh Wageningen UR. Selain fotosintesis, robot tersebut juga mengukur pertumbuhan dan pergerakan tanaman pada siang dan malam hari. Phenovator juga memfasilitasi penelitian fundamental baru ke isu-isu seperti hereditas fotosintesis. Hal ini juga dapat secara khusus mencari gen yang relevan dengan fotosintesis. Selain itu, Phenovator dapat digunakan untuk mempelajari pengaruh proses lainnya pada fotosintesis, seperti perubahan intensitas cahaya, suhu atau kekeringan, dan gen yang terlibat dalam proses tersebut.

Untuk lebih lengkap, baca rilis beritanya di situs Wageningen UR http://www.wageningenur.nl/en/Expertise-Services/Research-Institutes/plant-research- international/show/Wageningen-UR-publishes-method-for-selecting-plants-with-better- photosynthesis.htm