Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

USDA FAS LAPORKAN HASIL YANG MENJANJIKAN DARI UJI LAPANGAN JAGUNG RG DI MOZAMBIK

Tanggal : 3 April 2019

USDA Foreign Agricultural Service's Global Agricultural Information Network (USDA FAS-GAIN) merilis laporan mereka tentang status sektor bioteknologi pertanian Mozambik pada 2018. Laporan ini menyoroti hasil-hasil awal lapangan uji terbatas jagung rekayasa genetika (RG) Mozambican Agricultural Research Institute. Uji coba akan dilakukan pada dua tahap. Dengan menyelesaikan fase pertama, data yang dikumpulkan setelah dua musim tanam menunjukkan bahwa jagung RG efektif terhadap penggerek batang/stalk borer yang terlihat dan juga fall armyworm.  Fase kedua akan dilakukan tanpa menggunakan irigasi untuk menguji ketahanan jagung RG terhadap kekeringan. Uji jagung RG merupakan bagian dari program Water Efficient Maize for Africa (WEMA), salah satu kerjasama publik-swasta yang bertujuan untuk mengembangkan jagung yang toleran hama dan kekeringan menggunakan bioteknologi dan pemuliaan konvensional.

 

Hal lain yang disoroti pada laporan USDA adalah pengakuan pemerintah Mozambik atas kontribusi bioteknologi untuk mencapai ketahanan pangan dan nutrisi negara tersebut, serta pentingnya memiliki regulasi yang tepat untuk mendukung penelitian dan pengembangan bioteknologi. Baru-baru ini, Gruppo Inster-Institutional Sobre Bio-Seguranca (GIBBS) ditugaskan untuk melayani sebagai National Biosafety Committee. Komite secara teratur bertemu dengan perwakilan publik dan sektor swasta untuk mengatur aktivitas keamanan hayati di Mozambik, dan untuk memperbaharui peraturan yang berkaitan dengan penelitian dan pengembangan tanaman RG. 

 

Baca laporan lengkapnya di https://gain.fas.usda.gov/Recent%20GAIN%20Publications/Agricultural%20Biotechnology%20Annual_Maputo_Mozambique_3-20-2019.pdf..