Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

UI Miliki Pusat Penelitian Bioteknologi untuk Ciptakan Obat Terbaru

Tanggal: 6 April 2018 | Sumber: Kompas.id | Penulis: ESTER LINCE NAPITUPULU

DEPOK, KOMPAS – Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan PT. Daewoong Pharmaceutical Company Indonesia (Daewoong Indonesia) mendirikan sebuah laboratorium sebagai Pusat Penelitian Bioteknologi berbasis produk biosimiliar. Laboratorium  bernama “Bio Technology Research Centre UI-Daewoong” tersebut berlokasi di Gedung Integrated Learning & Research Center  UI di Depok.

 

Peresmian dilaksanakan laboratorium baru UI tersebut dilaksakan di Kampus UI Depok,  Jumat (6/4 /2018) oleh Rektor UI Prof. Muhammad Anies dan Presiden Direktur Daewoong Indonesia Jeon Sengho. Turut menyaksikan Duta Besar Korea untuk Indonesia Kim Chang Beom beserta jajaran direksi Daewoong Indonesia dan para pimpinan UI.

 

Anies mengtakan UI berbangga hati dapat berkolaborasi dengan Industri terkemuka di Asia seperti Daewoong Pharmaceutical Co, Ltd. “Kami mengapresiasi dukungan penuh yang diberikan Daewoong Indonesia melalui didirikannya Bio Technology Research Centre UI-Daewoong. Dengan adanya laboratorium berteknologi tinggi ini, Sivitas Akademika UI akan memiliki pengalaman belajar yang luar biasa yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujar Anies.

 

Menurut Anies, dengan adanya pusat penelitian ini, dapat terus mendukung UI untuk maju sebagai lokomotif pendidikan bangsa Indonesia di kancah internasional. Selain itu, menjadikan UI sebagai perguruan tinggi penghasil inovasi dan pengembangan ilmu pengetahuan yang berguna untuk bangsa Indonesia.

 

Bio Technology Research Centre UI-Daewoong merupakan pusat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan berbasis bioteknologi tinggi untuk menciptakan obat biologi terbaru (seperti: biosimilar, mAb, dan stem

cell). Laboratorium ini diperuntukkan bagi sivitas akademika UI jenjagn sarjana hingga Doktor dari rumpun ilmu kesehatan khususnya program studi farmasi.

 

Laboratorium ini dilengkapi dengan sarana prasarana berteknologi tinggi dan terkini diantaranya Capillary Electrophoresis, Freezer Thermoscientific, dan Molecular Devices. Bio Technology Research Centre UI-Daewoong akan beroperasi dengan konsep smart system, di mana pengontrolan semua alat dan sumber energi dilakukan secara otomatisasi.

 

Jeon Sengho menyampaikan kegiatan peresmian ini merupakan momentum berharga bagi perkembangan infrastruktur bioteknologi dan inovasi obat biologi di Indonesia. Dengan keberadaan Bio Technology Research Centre UI-Daewoong di UI diharapkan dapat turut memberikan kontribusi pada dunia kesehatan Indonesia,  khususnya akan terciptanya

peluang kolaborasi penelitian terkait bioteknologi.

 

“Kerja sama ini juga seturut dengan komitmen Daewoong selaku perusahaan farmasi yang berbasis research and development,” kata Jeon.