Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

TINGKATKAN KETAHANAN PENYAKIT BLAST DENGAN EKSPRESI BERLEBIH OSCPK4 DALAM PADI

Tanggal : 25 November 2015

Rice blast adalah penyakit paling serius yang menyerang produksi padi. Mireia Bundo dan Maria Coca melaporkan tentang fungsi isoform OsCPK4 dari tergantung kalsium keluarga protein kinase padi dalam pengaturan kekebalan padi terhadap infeksi jamur blast.

 

Ekspresi gen OsCPK4 di tanaman padi meningkatkan ketahanannya terhadap penyakit blast dengan mencegah penetrasi jamur. Akumulasi konstitutif protein OsCPK4 mempersiapkan tanaman padi untuk memberikan respon pertahanan yang cepat dan meningkat, termasuk produksi reactive oxygen species, deposisi kalos dan mengeluarkan gen pertahanan.

 

Ekspresi berlebih OsCPK4 juga menyebabkan peningkatan kandungan konstitutif dari glikosilasi hormon asam salisilat dalam daun tanpa mengorbankan hasil padi. Sejak ekspresi berlebih OsCPK4 juga dikenal untuk memberikan tolerasi garam dan kekeringan dalam padi, hasil menunjukkan bahwa OsCPK4 bertindak sebagai komponen yang positif memodulasi kedua jalur sinyal biotik dan abiotik.

 

Temuan ini menunjukkan bahwa OsCPK4 adalah gen target potensial untuk meningkatkan toleransi stres biotik dan abiotik dalam padi.

 

Untuk informasi lebih lanjut studi ini, baca artikel di Plant Biotechnology Journal http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/pbi.12500/full.