Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

TIM PENELITI JELASKAN BAGAIMANA TANAMAN DAPAT TUMBUH DI TANAH SALIN

Tanggal : 20 July 2016

Para ilmuwan dari Universitas Würzburg di Jerman telah meneliti bagaimana tanaman mengatur asupan garam mereka. Garam tersusun atas Na+ dan Cl-. Tingginya kandungan klorida dalam tanah salin mempunyai efek yang berbahaya perkembangan tanaman. Namun, tanaman membutuhkan anion nitrat sebagai sumber nitrogen untuk membentuk protein dan memperbanyak DNA mereka. Peneliti ahli tanaman Würzburg Dietmar Geiger dan Rainer Hedrich mempelajari apakah dan bagaimana tanaman mampu membedakan antara nitrat nutrisi dan klorida berbahaya. 

 

Para peneliti mengidentifikasi dua saluran anion SLAH1 dan SLAH3 yang ditemukan dalam sel-sel tanaman, dimana mereka bertanggung jawab untuk mengatur berjalannya nitrat dan klorida. Bekerja dengan satu tim Spanyol, para peneliti mempelajari tanaman rekayasa genetika yang kehilangan SLAH1 atau SLAH3. Getah tanaman ini naik hingga ke tunas yang hanya berisi setengah ion klorida. Kandungan nitrat, bagaimanapun, tidak berubah, memberikan kesimpulan bahwa kedua saluran anion mengatur masuknya klorida ke dalam tunas.

 

Para peneliti menemukan SLAH1 tidak mampu menyalurkan anion, dan SLAH3 terutama menyalurkan nitrat. Kontradiksi antara kandungan nitrat dan klorida dalam tanaman contoh dan tanaman rekayasa genetika selesai ketika kedua saluran anion dibawa bersama, membentuk sebuah kompleks fungsional. Setiap kali SLAH1 memasuki kompleks, filter anion dalam SLAH3 akan menukar dari nitrat menjadi klorida dan sebaliknya. Fungsi penukaran ini dipastikan oleh tim Spanyol. Mereka mengamati bahwa semakin tingginya kandungan garam pada akar dari tanaman contoh, lebih banyak SLAH1 ditarik kompleks saluran anion. Dalam prosesnya, penyaluran kompleks klorida secara bertahap berkembang menjadi satu status saluran nitrat, memungkinkan tanaman menjaga asupan nitratnya sebagai sumber utama nitrogen tanpa kerusakan melalui peningkatan terkait salinitasi dalam konsentrasi klorida.

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis beritanya di situs University of Würzburg https://www.uni-wuerzburg.de/en/sonstiges/meldungen/detail/artikel/wie-pflanzen-auf-versalzten-boeden-wachsen-koennen/.