Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

TIM PENELITI INTERNASIONAL UNGKAP KODE GENETIKA KACANG TANAH

Tanggal : 10 January 2018

Tim peneliti internasional, termasuk para peneliti dari Universitas Georgia dan Departemen Pertanian AS telah berhasil memetakan kode genetika kacang tanah. Penemuan dari penelitian lima tahun ini memberikan data yang relavan untuk membantu peneliti lain di seluruh dunia mengkodekan beberapa potensi genetika tanaman kacang tanah.

 

“Memetakan kode genetika kacang tanah terbukti mejadi tugas yang sangat sulit, tetapi produk akhirnya merupakan salah satu yang terbaik yang pernah dihasilkan,” ujar Steve Brown, direktur eksekutif The Peanut Foundation (IPF). “Sekarang kami memili peta yang akan membantu para pemulia menggabungkan sifat-sifat diinginkan yang menguntungkan petani, pengolah, dan yang terpenting, konsumen yang menikmati produk kacang yang lezat dan bernutrisi di seluruh dunia.

 

The Peanut Genome Consortium mencakup para ilmuwan dari AS, Tiongkok, Jepang, Brasil, Argentina, Australia, India, Israel, dan beberapa negara di Afrika. Penemuan akan memampukan para peneliti untuk mencari gen yang bermafaat dalam budidaya dan varietas kacang liar yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan varietas kacang baru. Sifat ditingkatkan untum memperoleh hasil panen yang lebih besar, biaya produksi lebih rendah, menurunkan kerugian akibat penyakit, rasa yang lebih baik, sifat pengolahan yang lebih baik, nutrisi, dan keamanan, serta hampir segala hal yang ditentukan oleh tanaman kacang.

 

Baca artikel aslinya dari Southeast Farm Press and laporan lengkapnya dari situs The Peanut Foundation http://peanutfoundation.org/images/Peanut_Genome_Initiative_2017_Final_Report.pdf.