Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

TIM PENELITI INTERNASIONAL TEMUKAN CARA IMUNITAS TANAMAN BERPINDAH

Tanggal : 27 March 2019

Satu tim peneliti yang dipimpin oleh Universitas Sheffield di Inggris dengan dukungan dari La Trobe University di Australia telah mengidentifikasi untuk pertama kalinya lokasi spesifik (loci) dalam kromosom tanaman yang memberikan ketahanan penyakit pada keturunannya melalui metilasi DNA sebagai respon terhadap serangan patogen.

 

Para peneliti mengidentifikasi loci DNA yang mengendalikan ketahanan penyakit melawan bulai patogen tanaman. Peneliti dari La Trobe University, Dr. Ritushree Jain, mengatakan bahwa tanaman yang berkali-kali diserang oleh patogen mengembangkan sebuah “memori” (dikenal sebagai priming in plants) dari pertemuan tersebut, memampukan mereka untuk secara efisien melawan serangan di masa mendatang. Perpindahan memori ini ke generasi mereka selanjutnya terjadi melalui benih melalui metilasi DNA, menurut Dr. Jain. Dia menambahkan bahwa proses ini adalah fenomenal epigenetik, dan tidak ada perubahan dalam sekuens DNA. 

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis berita dari La Trobe University https://www.latrobe.edu.au/news/articles/2019/release/breakthrough-in-fighting-plant-disease.