Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

TIM PENELITI FSU DAN CORNELL TEMUKAN ‘DARK MATTER’ PADA GENOM JAGUNG

Tanggal : 18 May 2016

Sebuah  tim  peneliti  dari  Florida  State University  (FSU)  dan Universitas Cornell  telah membuktikan bahwa persentase kecil dari seluruh genom jagung bertanggung jawab untuk hampir setengah dari keanekaragaman sifat tanaman. Hank Bass dan Daniel Vera dari FSU, bersama-sama  dengan  rekannya  Eli Rodgers-Melnick  dan  Ed Buckler  dari Universitas Cornell, menemukan bahwa  sebagian kecil dari kromatin  - kompleks DNA dan protein terkait - mewariskan 40 persen keanekaragaman sifat pada jagung.
 
Penemuan  ini  berarti  bahwa  sebagian  kecil  dari  kromatin  memegang  sejumlah  besar informasi yang menyumbang sifat-sifat seperti ukuran tanaman, bentuk, hasil, dan respon stres.  Para  peneliti  mengidentifikasi  daerah  kromatin  terbuka  yang  mengatur  gen, menggunakan biaya-efektif prosedur kromatin profiling tunggal yang dikembangkan oleh tim. Mereka juga mampu mengukur seberapa erat terbungkusnya DNA dalam genom.
 
Cornell mengirim 600 kernel kepada FSU yang ditumbuhkan menjadi bibit. Jaringan dari akar, batang dan daun dikumpulkan dan kemudian inti sel diisolasi. Inti yang terkena enzim yang  memotong  bagian-bagian  tertentu  dari  DNA,  dan  data  yang  dikomputasi  dan dianalisis secara statistik untuk mengidentifikasi kromatin terbuka dalam genom.
 
"Hal ini memungkinkan kita untuk memulai penentuan perubahan pasangan basa tunggal dan  mutasi  yang  mengatur  atau  memungkinkan  tanaman  untuk  beradaptasi  dengan lingkungan mereka.  Ini membantu  kita mempersempit  pencarian  secara  dramatis,"  ujar Edward  Buckler,  seseorang  dari  Universitas  Cornell  dan riset  genetik  Departemen pertanian  AS  (USDA  )  dan  rekan-penulis  makalah  pada  Proceedings  of  the  National Academy of Sciences pada 16 Mei.
 
Lebih lengkap baca di situs FSU http://news.fsu.edu/More-FSU-News/FSU-Cornell-team-defines-meaningful-part-of-maize-genome  dan  Universitas  Cornell http://news.fsu.edu/More-FSU-News/FSU-Cornell-team- defines-meaningful-part-of-maize-genome dan  Universitas  Cornell http://mediarelations.cornell.edu/2016/05/16/maize-genome-dark-matter-discovery-a- boon-for-breeders/.