Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

TIM INTERNASIONAL SANDIKAN KEMBALI GENOM KACANG MESOAMERIKA

Tanggal : 2 March 2016

Sebuah tim ilmuwan dari Argentina, Brasil, Meksiko, dan Spanyol, melalui Ibero-American Programme for Science and Technology for Development (CYTED) telah menerjemahkan genom dari kacang umum Mesoamerika (Phaseolus vulgaris).

 

Tim PhasibeAm memilih sejenis galur khusus kacang Mesoamerika (BAT93) untuk sekuensing genom, yang terkait erat dengan varietas yang dibudidayakan secara komersial. Tim mendirikan sebuah platform teknologi yang kuat, menyimpulkan sequencing dan perakitan dari 620 juta pasangan basa. Sebanyak 30.491 gen diidentifikasi dalam genom dan ilmuwan juga menganalisis pola ekspresi mereka. Mereka juga mengamati dan menentukan peristiwa penting selama evolusi yang telah membentuk tanaman kacang seperti yang dikenal saat ini.

 

Roderic Guigo, koordinator Program Bioinformatika dan Genomik di Centre for Genomic Regulation di Barcelona, Spanyol mengatakan, "Sekuen genom kacang, baik dari varietas Andean, sebelumnya diurutkan, dan satu dari Mesoamerika, pasti akan memberikan kontribusi untuk mengidentifikasi gen yang terlibat antara lain dalam resistensi penyakit, kekeringan dan toleransi garam, fiksasi nitrogen, pembentukan sel-sel reproduksi dan kualitas benih."

 

Tahap kedua proyek tersebut akan melibatkan sekuensing genom setidaknya selusin varietas kacang lainnya dan beberapa kerabat dekat mereka untuk mengidentifikasi gen yang berhubungan dengan domestikasi.

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis beritanya di situs Centre for Genomic Regulation http://www.crg.eu/en/news/mesoamerican-bean-genome-decoded