Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

TIM ILMUWAN INTERNASIONAL UNGKAP BAGAIMANA TANAMAN MERESPON SINAR

Tanggal : 26 October 2016

Satu tim peneliti internasional yang dipimpim oleh para ilmuwan di RIKEN Center for Sustainable Resource Science di Jepang, Fujian Agriculture and Forestry University di Tiongkok, dan Universitas California, Los Angeles telang menemukan mekanisme yang mana satu fotoreseptor kunci (Cryptochrome 2) yang mengizinkan tanaman untuk merespon atau tidak sinar biru, memungkinkan tanaman untuk tetap responsif terhadap sinar.

 

Tim peneliti menskrining galur transgenik Arabidopsis untuk menemukan galur yang mengekspresikan fenotip mirip dengan satu strain mutan yang tidak merespon dengan baik sinar biru. Mereka mengidentifikasi galur yang mengekspresikan protein berlebih, disebut BIC1, yang sesuai dengan fenotip mutan. Protein ini menghalangi fotoreseptor Cryptochrome 2. Mereka juga menemukan bahwa Cryptochrome 2 mengambil bentuk dimer ketika terkena sinar biru, dan bentuk homodimer adalah bentuk aktif. Kehadiran protein BIC1, bentuk dimer menghilang.

 

Para peneliti mengatakan, “Kami telah menunjukkan bahwa ini adalah sebuah mekanisme desensitisasi, dimana fotoreseptor photoactivated diatur dalam sinar biru untuk menghindari respon berlebih. Hal ini penting karena memungkinkan tanaman untuk mempertahankan homeostatis dalam responnya terhadap sinar biru untuk beradaptasi dengan fluktuasi sinar lingkungan di alam.”

 

Info lebih lanjut, baca artikelnya di situs RIKEN http://www.riken.jp/en/pr/press/2016/20161021_1/.