Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

TANAMAN ZERO-WASTE DIKEMBANGKAN

Tanggal : 17 July 2019

Sebagian besar tanaman dibuang selama atau setelah panen, termasuk bagian tanaman yang mengandung protein, lemak, dan serat. Profesor Luisa Trindade, profesor di Department of Plant Sciences di Wageningen University and Research (WUR) mengatakan ini harus diubah. “Dunia membutuhkan tanaman yang dapat digunakan seluruhnya, hingga molekul terakhir,” ujarnya.

 

Trindade ingin meningkatkan nilai residu tanaman dan baru-baru ini bekerja pada tanaman berserat, termasuk miscanthus. Kelompok penelitiannya telah mengembangkan delapan miscanthus varietas hibrida baru potensial yang telah ditanam di sepuluh lokasi berbeda di Eropa. Miscanthus memiliki sifat yang diinginkan seperti hasil biomassa tinggi dan mengikat CO2 tinggi sehingga meningkatkan kualitas tanah. 

 

Trindade menekankan tujuannya sebagai pemulia adalah mampu menggunakan seluruh bagian tanaman. Namun, dia mengutip tanaman tomat kompleks dengan organ yang berbeda dengan perbedaan besar dalam komposisi mereka. “Di masa mendatang, kami akan mengembangkan varietas tomat yang biomassa total akan digunakan untuk pangan dan non-pangan, dan siapa tahu kami akan mengembangkan varietas yang batang dan daunnya dapat dimakan.  

 

Untuk lebih lengkap, baca artikel beritanya di WUR News https://www.wur.nl/en/news-wur/Show/Zero-waste-plants.htm.