Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

TANAMAN TRANSGENIK: KEMENTAN SIAP SISIHKAN ANGGARAN LITBANG RP 1,8 TRILIUN

Tanggal: 20 September 2012 | Sumber: BISNIS INDONESIA | Penulis: Sepudin Zuhri

JAKARTA: Kementerian Pertanian mendukung dipercepatnya proses pengembangan tanaman hasil rekayasa genetika (transgenik) dengan menaikkan anggaran untuk penelitian benih transgenik pada tahun ini.

Menteri Pertanian Suswono mengatakan anggaran Badan Penelitian dan Pengembangan Kementan pada tahun ini Rp1,8 triliun. Anggaran tersebut termasuk untuk penelitian benih transgenik.

"Saya sudah instruksikan penelitian transgenik harus dimulai. Tetapi sudah ada porsi [anggaran] untuk [pengembangan benih] transgenik sudah ditambah." ujarnya seusai Peresmian Spices dan Jamu Center  hari ini (Selasa 18/9/2012).

Dia menuturkan Indonesia harus mengikuti perkembangan benih hasil rekayasa genetika, sehingga tidak akan tertinggal oleh negara lain.

"Kita mau tidak mau harus mengarah ke sana, jangan terjebak dan tertinggal, jadi jangan terjebak hanya jadi konsumen produk transgenik yang diimpor dari negara lain saja. Jagung sudah mulai ada [benih transgenik]," jelasnya
 
Dia menjelaskan produk transgenik perlu peneilitian panjang. Namun, pemerintah sudah mulai melakukan penelitian sejak sekarang. "Tahun lalu kita sudah mulai golden rice, kita mulai dari sekarang untuk mengarah pada penelitian transgenik."
 
Namun, produk transgenik itu tidak dapat dilakukan dalam waktu cepat satu-dua tahun, tetapi dalam beberapa tahun ke depan.

Dia mempersilakan pihak swasta untuk mengembangkan benih bioteknologi, tetapi harus lolos dari uji keamanan hayati. (sut)