Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

TANAMAN TEMBAKAU LIAR DAPAT MENJADI KUNCI DALAM MENCAPAI KETAHANAN PANGAN

Tanggal : 24 June 2015

Dr. Stephen Wylie dan rekan-rekannya dari Universitas Murdoch mengidentifikasi tanaman yang dapat menjadi penting dalam mencapai ketahanan pangan.

 

Dalam studi mereka, para peneliti mampu untuk mendapatkan gen RDR1 dari tanaman tembakau liar (Nicotiana benthamiana) di Australia Barat. Gen RDR1 mengontrol respon virus suku N. benthamiana dalam infeksi virus yang berbeda. RDR1 fungsional yang hadir dalam suku liar N. benthamiana menunjukkan gejala ringan atas infeksi virus, suku kurang itu karena mutasi menunjukkan gejala virus yang parah. Temuan ini menunjukkan bahwa tanaman tidak hanya merespon virus, tetapi juga memiliki kelainan genetik.

 

Penemuan ini dapat diterapkan untuk tanaman seperti kentang, tomat, capsicum, dan terong. Terdapat peran lain bahwa gen RDR1 dapat mengontrol karena keterlibatannya dalam proses perkembangan yang berbeda. Selanjutnya, tanaman N. benthamiana dapat berkembang dalam berbagai lingkungan yang kering, panas, dan lingkungan sarat garam menunjukkan bahwa ada gen berharga lainnya hadir dalam tanaman yang dapat berguna dalam meningkatkan hasil panen.

 

Artikel lengkapnya dapat dibaca di situs Science Network Western Australia di http://www.sciencewa.net.au/topics/environment-a-conservation/item/3603-weirdo-mutant-plant-opens-doors-for-food-security.