Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

TAHDZIPI-5 TERLIBAT DALAM TOLERANSI KEKERINGAN DAN EMBUN BEKU DI GANDUM

Tanggal : 10 January 2018

Karakterisasi gen terkait stres dapat membantu memahami mekanisme respon tanaman terhadap kondisi luar. Penelitian oleh tim Yunfei Yang dari Universitas Adelaide di Australia menjelaskan peran gen gandum TaHDZipI-5

 

Gen TaHDZipI-5 mengkodekan faktor transkripsi resnponsif stres selama pengembangan toleransi tanaman terhadap embun beku dan kekeringan. Para peneliti menemukan bahwa gen sangat disebabkan oleh suhu rendah. Ada juga peningkatakn ekpresi TaHDZipI-5 dalam bunga dan biji-bijian berkembang lebih awal di bawah kondisi normal, menunjukkan bahwa TaHDZipI-5 terlibat dalam regulasi toleransi embun beku pada pembungaan.

 

Ekpresi berlebih TaHDZipI-5 dalam gandum roti secara signifikan meningkatkan toleransi embun beku dan kekeringan pada galur gandum transgenik. Namun, fitur fenotipik yang tidak diinginkan juga muncul dalam transgenik, termauk ukuran tanaman dan biomassa berkurang, menunda pembungaan, dan menunkan hasil.

 

Gen ini dapat menjadi gen kandidat untuk pengembangan gandum toleran kekeringan dan/atau embun beku. Namun, penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk meminimalisir, jika tidak menghilangkan. Fenotipe yang tidak diinginkan akibat ekpresi berlebih.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penelitian ini, baca artikel di Plant Biotechnology Journal http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/pbi.12865/full.