Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

STUDI UF/IFAS: PANGAN REKAYASA GENETIKA (RG) AMAN

Tanggal : 16 November 2016

Sebuah studi baru di University of Florida Institute of Food and Agricultural Sciences (UF/IFAS) menunjukkan bahwa orang yang mengetahui banyak tentang pangan RG cenderung setuju dengan konsensus ilmiah bahwa pangan tersebut aman untuk dimakan. Namun, mereka yang tahu banyak tentang pemanasan global berhati-hati tentang ilmu yang menyatakan manusia penyebab fenomenal tersebut.

 

Brandon McFadden, penulis studi, dan seorang asisten profesor pangan dan ekonomi sumber daya di UF/IFAS menginginkan untuk mengetahui lebih banyak tentang alasan kesenjangan antara pendapat publik dan konsensus ilmiah. Dia menyurvei 955 orang untuk mengukur pengetahuan mereka yang sebenarnya dan persepsi tentang pangan RG dan pemanasan global yang disebabkan oleh manusia.

 

Di antara pertanyaan-pertanyaan, McFadden mencoba untuk mencari tahu pengetahuan peserta tentang makanan RG. Dia memberikan pertanyaan “benar/salah” seperti: “Tomat biasa tidang mengandung gen sedangkan tomat RG mengandung gen.” Hanya 31,9% yang mengatakan benar. Pertanya tentang pemanasan global, termasuk: “Benar atau salah: Efek rumah kaca sama dengan pemanasan global”. 45% mengatakan benar.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca rilis beritanya di situs UF/IFAS http://news.ifas.ufl.edu/2016/11/ufifas-study-people-who-know-about-genetically-modified-food-agree-with-science-theyre-safe/.