Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

STUDI TEMUKAN BAHWA ADOPSI TANAMAN RG DAPAT PERBAIKI KESEHATAN PETANI TIONGKOK

Tanggal : 19 October 2016

Penggunaan tanaman RG toleran glifosat tidak hanya meningkatkan penggunaan glifosat, tetapi juga menurunkan penggunaan herbisida non-glifosat, sementara adopsi tanaman resistan serangga RG secara signifikan mengurangi penggunaan insektisida. Sedangkan bahawa penggunaan pestisida dikenal, sedikit yang diketahui tentang efek pestisida yang berbeda terkait dengan tanaman RG di suatu kerangan terpadu.

 

Para peneliti Tiongkok dipimpin oleh Chao Zhang dari Beijing Institute of Technology, bertujuan untuk mengaitkan penggunaan pestisida berbeda yang berhubungan dengan tanaman RG dengan kondisi petani Tiongkok. Penggunaan pestisida oleh petani di catat dan diklasifikasi sebagai herbisida glifosat, herbisida non-glifosat, insektisida lepidopteran kimia, insektisida lepidopteran biologis, insektisida non-lepidopteran dan fungisida.

 

Analisa tim mengungkapkan bahwa tidak ada pemeriksaan indikator kesehatan yang berhubungan dengan glifosat. Namun, penggunaan herbisida non-glifosat ditemukan untuk menginduksi disfungsi ginjal. Sementara itu, penggunaan insektisida lepidopteran kimia dapat dikaitkan dengan disfungsi hati, inflamasi, dan kerusakan parah saraf.

 

Hasil studi ini menunjukkan bahwa adopsi tanaman RG akan menyebabkan penggantikan herbisida lain dengan glifosat, yang mungkin benar-benar bermanfaat bagi kesehatan petani di Tiongkok dan di seluruh dunia, dan memiliki implikasi positif bagi tanaman RG.

 

Untuk mengetahui studi ini lebih lanjut, baca artikel di Nature http://www.nature.com/articles/srep34918.