Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

STUDI SOROTI DAMPAK PEMULIAAN TANAMAN DI UE

Tanggal : 14 September 2016

Inovasi pemuliaan tanaman telah membawa dampak signifkan bagi pertanian Eropa, seperti kenaikan hasil dengan input yang lebih sedikit dan sedikitnya efek di lingkungan, menurut sebuah studi di Eropa.

 

Laporan The Economic, Social, and Environmental Value of Plant Breeding in the European Union dirilis oleh Hffa Research GmbH dan ditugaskan oleh European Technology Platform. Tujuan dari studi ini adalah untuk menyediakan informasi berdasarkan sains tetapi mudah dipahami tentang manfaat sosial-ekonomi dan lingkungan dari pemuliaan tanaman di UE. Melalui kompleks pemodelan dan perhitunga, temuan penelitian menunjukkan bahwa “inovasi pemuliaan tanaman banyak diharapkan”. Dilaporkan bahwa pemuliaan tanaman berkontribusi terhadap pertumbuhan produktivias sekitar 74 % pada sebagian besar tanaman yang ditanam di UE sejak tahun 2000. Ini setara dengan kenaikan pertumbuhan 1,24 % per tahun. Ini juga diartikan menjadi sebuah dorongan dalam mempercepat jumlah pangan yang tersedia, menurunkan harga pangan, dan kesejahteraan ekonomi.

 

Selain dari kenaikan hasil, pemuliaan tanaman telah mengurangi total penggunaan input tanaman lainnya, seperti pupuk, pestisida, mesin dan tenaga kerja hingga 0,5 % per tahun, Dengan demikian, pemuliaan tanaman memungkinkan “intensifikasi berkelanjutan” dengan mengijinkan petani untuk memproduksi lebih banyak dengan lebih sedikit input dan mengurangi efek di lingkungan.

 

 

Baca laporan di European Technology Platform http://www.plantetp.org/images/stories/stories/documents_pdf/HFFA_Research_Paper_03_16_final_protected.pdf.Lihat infografik tentang laporan dari newsletter British Society of Plant Breeders, Plant Breeding Matters http://www.bspb.co.uk/sg_userfiles/BSPB_Plant_Breeding_Matters_Spring_2016.pdf.