Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

STUDI BARU TUNJUKKAN CARA TANAMAN MERASAKAN MEDAN LISTRIK

Tanggal : 13 July 2016

Sel-sel tanaman, hewan, dan manusia semua menggunakan sinyal listrik untuk berkomunikasi satu sama lain. Sel-sel saraf manusia dan hewan menggunakannya untuk mengaktifkan otot. Tapi daun juga mengirimkan sinyal listrik ke bagian lain dari tanaman, terutama ketika mereka terluka, atau terancam oleh serangga.

 

Tim internasional yang dipimpin oleh Profesor Rainer Hedrich, Kepala Ketua Molecular Plant Physiology and Biophysics di University of Würzburg di Jerman, telah menemukan sensor yang tanaman gunakan untuk merasakan medan listrik. Mereka telah mengidentifikasi bagian dari saluran ion yang berfungsi sebagai sensor untuk tegangan listrik mengaktifkan saluran. Profesor Hedrick sebelumnya menemukan saluran ion pada tanaman yang diaktifkan oleh ion kalsium dan sebuah medan listrik. Pada tahun 2005, para ilmuwan menemukan gen yang mendasari saluran ion.

 

Tim peneliti membuat tanaman tampak terluka, dan temuan mereka menunjukkan bahwa tanaman dengan bentuk hiperaktif saluran berada dalam keadaan konstan waspada dan hipersensitif terhadap cedera serangan serangga. Mereka saat ini sedang menyelidiki intervensi dalam saluran yang membantu tanaman menyembuhkan lagi.

 

Lebih lengkapnya tersedia di situs University of Würzburg https://www.uni-wuerzburg.de/en/sonstiges/meldungen/detail/artikel/wie-pflanzen-elektrische-felder-spueren/.