Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

STUDI BARU SOROTI EVOLUSI TANAMAN

Tanggal : 17 February 2016

Sebuah studi baru tentang evolusi pada kelompok tomat liar telah menjelaskan pentingnya variasi genetik dalam tanaman. Studi yang dilakukan oleh pada peneliti dari Universitas Michigan dan Universitas Indiana, menggunakan sekuensing lebar genom untuk mengungkapkan rincian tentang mekanisme evolusi yang mendorong perbedaan genetik dalam 13 spesies tomat liar dari nenek moyang yang sama baru-baru ini. 

 

"Luasnya keanekaragaman hayati yang kami amati dalam spesies tomat adalah hasil dari satu set kompleks sumber daya genetik yang kita dapat bedakan dengan data genom skala besar," ujar James Pease, mahasiwa tingkat doktoral dari Universitas Michigan dan penulis pertama studi tersebut.

 

Tim menemukan bukti yang mendukung tiga strategi genetik utama di balik kemampuan tomat untuk cepat beradaptasi dengan perubahan ekologi: memperoleh gen dari kolam nenek moyang umum, perdagangan gen antara spesies melalui bentuk pemuliaan persilangan alami yang disebut introgresi, dan cepatnya akumulasi mutasi genetik baru.

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis beritanya di situs Universitas Michigan http://ns.umich.edu/new/releases/23460-on-darwin-s-birthday-tomato-genetics-study-sheds-light-on-plant-evolution.