Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

STOMATAL CARPENTER 1 ATUR POLA STOMATA DALAM DAUN

Tanggal : 3 August 2016

Sel penjaga adalah sel khusus dalam epidermis tanaman yang membentuk pori-pori stomata. Mereka terbentuk dari pembelahan sel khusus yang diatur oleh faktor transkripsi SPEECHLESS (SPCH). Sebelumnya, faktor transkripsi STOMATAL CARPENTER 1 (SCAP1) telah terbukti terlibat dalam fungsi GC.

 

Para peneliti di Università degli studi di Milano, yang dipimpin oleh Giulia Castorina, baru-baru ini menunjukkan bahwa ekspresi SCAP1 juga dapat diamati sebelum terjadi diferensiasi GC. Analisis tanaman transgenik membawa satu fusion transkripsi proSCAP1:GUS-GFP menunjukkan bahwa puncak ekspresi SCAP1 bersamaan dengan ekspresi gen pola stomata.

 

Mutan Scap1 yang kehilangan fungsi menunjukkan berkurangnya jumlah sel penjaga sementara ekspresi berlebih galur SCAP1 telah meningkatkan jumlah sel penjaga seperti perubahan distribusi dan jarak pola. Hasil ini menunjukkan peran SCAP1 dalam diferensiasi sel penjaga serta jarak pola penjaga sel.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca makalah lengkapnya BMC Plant Biotechnology http://bmcplantbiol.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12870-016-0851-z.