Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

SL3-MMP DARI TOMAT MENGATUR RESPON PERTAHANAN TERHADAP PATOGEN

Tanggal : 17 June 2015

Matriks metalloproteinase (MMP) telah dikarakterisasi pada mamalia dan menunjukkan perannya dalam proses fisiologis dan patologis. Meskipun MMPs dalam spesies tanaman telah diidentifikasi, fungsi MMPs dalam respon stres biotik tetap sulit dipahami.

 

Fengming Song dari Universitas Zhejiang di Tiongkok mengidentifikasi lima gen MMP dalam genom tomat. Analisis mengungkapkan bahwa ekspresi gen MMP diinduksi oleh infeksi Botrytis cinerea dan Pseudomonas syringae pv. Tomato DC3000 (PST DC3000) serta dengan perlakuan hormon yang berhubungan dengan pertahanan.

 

Di antara lima MMP, menghilangkan SL3-MMP mengakibatkan berkurangnya resistensi terhadap B. cinerea dan Pst DC3000, sementara menghilangkan empat lainnya tidak mempengaruhi resistensi. Ekspresi sl3-MMP di daun Nicotiana benthamiana menyebabkan meningkatnya resistensi terhadap B. cinerea dan meningkatkan regulasi ekspresi gen yang berhubungan dengan pertahanan. Hasil ini menunjukkan bahwa SL3-MMP adalah regulator positif dari respon pertahanan terhadap B. cinerea dan Pst DC3000.

 

Informasi lebih lanjut mengenai studi ini, baca artikel lengkapnya di BMC Plant Biology http://www.biomedcentral.com/1471-2229/15/143.