Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

SEKUENS GENOM APEL DIPUBLIKASI

Tanggal : 14 June 2017

Sebuah konsortium internasional dari lembaga penelitian di Perancis, Italia, Jerman, Belanda, dan Afrika Selatan, termasuk para peneliti dari Wageningen University & Research telah menerbitkan sekuens genom berkualitas tinggi dari apel.

 

Sekuens genom memberi wawasan baru mengenai penorganisasian genom apel. Sembilan puluh tiga persen (93%) dari 42.000 gen putatif divalidasi melalui sekuens RNA. Informasi ini berguna untuk mengidentifikasi gen-gen yang mengendalikan sifat yang diminati dan pengembangan tes diagnostik berbasis DNA yang dapat mempercepat pemuliaan varietas baru.

 

Wawasan baru dalam genom apel mencakup pandangan yang jelas mengenai pola duplikasi di antara 17 kromosom apel. Informasi ini memudahkan identifikasi salinan gen dengan fungsi yang serupa. “Daerah yang berulang’ telah dirakit, dan ini mungkin terlibat dalam mengatur ekspresi gen. Akhirnya, satu tipe baru pengulangan sekuens ditemukan yang mungkin spesifik untuk sentromer, yang dapat menghasilkan wawasan baru dalam pembagian kromoson dan replikasi.

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis berita dari Wageningen University & Research http://www.wur.nl/en/newsarticle/Apple-genome-sequence-helpful-to-breeding-of-new-apple-varieties-published.htm.