Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

Sektor Pertanian Mampu Serap Sepertiga Tenaga Kerja RI

Tanggal: 22 September 2015 | Sumber: Okezone.com | Penulis:

JAKARTA - Sektor pertanian disebut mampu menyerap sepertiga tenaga kerja di Indonesia. Sehingga, prioritas Pemerintah pada saat ini di sektor tersebut dinilai sangat tepat.

 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin menyatakan, di tengah perlambatan ekonomi, dua subsektor pertanian, yaitu perikanan dan perkebunan justru menunjukkan kekuatannya. Hal tersebut dibuktikan dengan pertumbuhan subsektor tersebut yang melebihi pertumbuhan ekonomi nasional.

 

"Kuartal pertama pertumbuhan subsektor itu mencapai lebih dari 8 persen, kuartal kedua lebih dari 7 persen, lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi kita yang di semester II hanya 4,67 persen," ujar Suryamin dalam Seminar Nasional Hari Statistik 2015 di Jakarta, Selasa (22/9/2015).

 

Lebih lanjut dikatakan dia, potensi yang dihasilkan dari subsektor tersebut sangat melimpah, namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Dia mencontohkan permasalahan daging sapi yang sebenarnya bisa disubstitusikan dengan ikan.

 

"Supaya masyarakat kita tidak usah teriak-teriak daging sapi, lagi pula kandungan proteinnya tidak berbeda jauh antara daging sapi dan ikan," jelas dia.

 

Selain itu, sektor pertanian merupakan yang paling besar menyerap tenaga kerja. Jika dilakukan upaya secara maksimal di sektor pertanian, lanjut Suryamin, tentu akan lebih besar sharenya dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

 

"Bahkan bisa menyerap hingga sepertiga tenaga kerja. Pertanian ini menjadi fokus pembangunan nasional, salah satunya dengan kedaulatan pangan," pungkasnya.