Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

RUU KEAMANAN HAYATI UGANDA MUNGKIN SEGERA AKAN DIBERLAKUKAN MENJADI UU

Tanggal : 27 March 2019

Setelah diskusi lebih dari satu dekade, RUU mengenai penggunaan organisme rekayasa genetika di Uganda dapat diberlakukan sebagai undang-undang bahkan tanpa persetujuan presiden.

 

Akhir tahun lalu, Parlemen mengesahkan RUU keamanan hayati untuk tanda tangan Presiden Yoweri Museveni. Namun, presiden tidak mengesahkannya menjadi UU dan meminta revisi untuk RUU tersebut. Parlemen telah mengajukan revisi RUU yang membahas masalah yang diangkat oleh presiden. Lebih dari satu bulan telah berlalu sejak  diajukan dan presiden tidak menandatangani RUU tersebut dalam periode yang diamanatkan oleh UU atau memberikan alasan tertulis atas kesalahannya. 

 

Menurut konstitusi Uganda, ketika presiden gagal memberikan tanda tangan atau mengembalikan RUU kepada Parlemen dalam waktu 30 hari sesuai yang ditentukan, “Presiden akan dianggap telah menyetujui RUU dan pada saat berakhirnya periode itu, Pembicara akan membawa salinan RUU untuk diletakkan dihadapan Parlemen dan RUU akan menjadi UU tanpa persetujuan Presiden.”

 

Pembicara sekarang diharapkan pindah ke meja untuk mengambil keputusan.

 

Baca selengkapnya dari Genetic Literacy Project https://geneticliteracyproject.org/2019/03/20/ugandas-gmo-bill-could-become-law-without-presidents-assent/?mc_cid=3474dcaac9&mc_eid=f2025e9b8e.