Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

RICE NICOTIANAMINE SYNTHASE 2 TINGKATKAN KANDUNGAN ZAT BESI DAN ZINK DALAM BULIR GANDUM

Tanggal : 25 January 2017

Mikronutrien penting dalam makanan manusia karena diperlukan untuk reaksi metabolisme kunci dan fungsi-fungsi biologis. Sebuah fraksi besar populasi manusia global menderita kekurangan mikronutrien, yang memiliki dampak negatif pada kesejahteraan dan pengembangan ekonomi. Biofortifikasi makanan pokok adalah pendekatan yang berkelanjutan dan efektif untuk mengurangi masalah kesehatan yang berhubungan dengan defisiensi mikronutrien.

 

Simrat Pal Singh dari ETH Zurich and Switzerland, bersama dengan rekan-rekannya mengembangkan galur gandum yang mengekspresikan rice NICOTIANAMINE SYNTHASE 2 (OsNAS2) dan bean FERRITIN (PvFERRITIN), baik sebagai gen tunggal dan dikombinaksikan. Gen NAS mengkatalisis sintesis nicotianamine (NA), satu prekusor dari chelator besi deoxymugeneic acid (DMA) yang diperlukan untuk translokasi besi jarak jauh. Di sisi lain, FERRITIN penting untuk penyimpanan zat besi dalam tanaman.

 

Kenaikan signifikan kandungan zat besi dan zink diamati dalam bulir gandum tanaman yang diekspresikan oleh OsNAS2 atau PvFERRTIN, atau keduanya. Secara khusus, galur gandum sangat mengekspresikan OsNAS2 melampaui target 30% estimated average requirement (EAR) pada makanan untuk zat besi, dan 40% EAR untuk zink.

 

Galur gandum dengan zat besi dan zink pada tingkat yang signifikan dikembangkan dalam penelitian ini dapat memberikan plasma nuftah yang berguna untuk pengembangan varietas gandum baru yang dapat mengurangi defisiensi mikronutrien.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikelnya di Theoretical and Applied Genetics https://link.springer.com/article/10.1007/s00122-016-2808-x