Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PROTEIN JMJ704 ATUR RESPON PERTAHANAN PADI MELAWAN XANTHOMONAS ORYZAE PV. ORYZAE

Tanggal : 16 December 2015

Jumonji C (JmjC) protein mengandung domain adalah kelompok fungsional melindungi histone lysine demethylases pada eukariota bahwa JmjCs mengatur berbagai proses biologis dalam tanaman. Namun, peran mereka dalam stres biotik tanaman, terutama padi tahan hawar bakteri telah hampir dipelajari sejauh ini.

 

Sebuah tim yang dipimpin oleh Yuxuan Hou dari China National Rice Research Institute menemukan bahwa infeksi dari patogen bakteri hawar Xanthomonas oryzae pv. oryzae (Xoo) menginduksi transkripsi 15 JmjCs, menunjukkan bahwa mereka terlibat dalam padi tahan bakteri hawar.

 

Karakterisasi lebih lanjut mengungkapkan bahwa salah satu JMJCs, JMJ704, adalah pengatur positif beras tahan hawar bakteri sebagai tanaman dengan mutasi JMJ704 menjadi lebih rentan terhadap Xoo daripada jenis liar. JMJ704 menekan transkripsi regulator negatif ketahanan padi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa JMJ704 dapat digunakan sebagai saklar universal yang mengendalikan beberapa gen dari jalur resistensi bakteri hawar.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca jurnal lengkapnya di BMC Plant Biology http://bmcplantbiol.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12870-015-0674-3.