Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PRESIDEN UGANDA SERUKAN ADOPSI TANAMAN RG DI UGANDA

Tanggal : 27 July 2016

 

Saat secara resmi membuka Annual National Agricultural and Trade Show ke-24 pada 14 Juli 2016, Presiden Yoweri Museveni menganalisis bahwa kekeliruan rakyat Uganda mengenai teknologi RG, yang melibatkan perpindahan gen dari satu tanaman ke tanaman lain dari kepentingan ekonomi, dan memberi kualitas lebih baik pada tanaman. Dia lebih lanjut memanggil parlemen untuk mengizinkan National Biotechnology and Biosafety Bill menjadi undang-undang untuk mengizinkan petani Uganda mendapat akses kepada tanaman RG. 

 

Kegiatan yang berlansung pada 11-17 Juli 2016 dengan tema “Promoting Sustainable Agricultural Land Management for Agricultural Transformation and Wealth Creation”, menyiapkan satu platform untuk menampilan dan mengidentifikasi inovasi yang dibuat oleh perusahaan lokal dan asing melalui peningkatan teknologi untuk produksi pertanian yang lebih baik, pemasaran, dan pengentasan kemiskinan. Uganda Biosciences Information Center (UBIC) memamerkan berbagai produk/alat penelitian pertanian dan relevansi mereka di sepanjang rantai nilai komoditas di negeri ini. Selama minggu kegiatan tersebut 500 peserta pameran lokal dan internasional, para pembuat kebijakan, petani, mahasiswa, dan umum mengunjungi stan bioteknologi. 

 

Para peserta kecewa mendengar bahwa kebijakan lingkungan saat ini tidak mengijinkan penggunaan umum dari apa yang mereka lihat varietas tanaman yang sangat bermanfaat yang sangat mereka butuhkan untuk mengatasi tantangan produksi tanaman. Mereka juga mengakui kebutuhan untuk satu sistem regulasi untuk memastikan keefektifan dan pemanfaatan berkelanjutan dari alat-alat bioteknologi. 

 

Selama kegiatan, Presiden meliris satu varietas jagung baru, Drough Tego, sejenis varietas konvensional WEMA yang lebih toleran terhadap kemarau panjang daripada banyak jagung hibrida lainnya yang tersedia di pasar Uganda. Presiden menghargai National Agricultural Research Organization (NARO) untuk pekerjaan yang dilakukan atas tertanganinya tantangan petani dan usaha mereka terhadap peningkatan kualitas hasil pertanian.

 

Untuk lebih lengkap, hubungi koordinator UBIC di ubic.nacrri@gmail.com.