Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

Potensi Bisnis Bioteknologi Cukup Besar

Tanggal: 29 January 2018 | Sumber: warta ekonomi.co.id | Penulis: Boyke P. Siregar

Bioteknologi selama ini hanya dipandang dari sisi keilmuan. Namun, dari sisi bisnis dinilai memiliki potensi cukup besar. Dosen Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Bayu Krisnamurthi mengatakan bisnis bioteknologi sangat menguntungkan jika telah menguasai riset, teknologi, dan infrastrukturnya.

 

"Indonesia adalah sumber bioteknologi. Jadi, ruangnya luar biasa besar," kata Bayu dalam sebuah diskusi di Jakarta, Senin (29/1/2018). Ia memberi contoh negara India yang memberikan target pemasukan sekitar USD100 miliar hingga tahun 2025 dari bisnis bioteknologi.

 

Sementara itu, Ketua Komisi Keamanan Hayati Produk Rekayasa Genetika (KKH-PRG) Agus Pakpahan mengatakan hingga kini terdapat beberapa produk bioteknologi yang telah mendapatkan persetujuan keamanan pangan di Indonesia.

 

"Kami baru-baru ini menyetujui dua produk bioteknologi antara lain tebu tahan kekeringan dan jagung toleran herbisida. Kedua produk ini sedang menunggu persetujuan untuk rilis komersial agar memenuhi persyaratan untuk dibudidyakan dalam pertanian di Indonesia bagi kepentingan petani," ucap Agus.

 

Agus mengakui kehadiran bioteknologi tanaman pangan belum diterima sepenuhnya di semua negara secara terbuka. Namun, ia meyakini seiring dengan perjalanan waktu dan penyempurnaan, produk tanaman biotek terus dilakukan maka akan bertambah pula negara-negara yang membuka pintu akan kehadiran tanaman biotek.

 

"Secara riset bioteknologi, Indonesia tidaklah ketinggalan dibanding negara-negara maju. Hanya saja untuk pelepasan produk tanaman rekayasa genetika sikap hati-hati pemerintah bukanlah menolak akan produk tanaman biotek ini," kata dia.