Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PERUSAHAAN BIODIESEL SINGAPURA KEMBANGKAN JARAK PRG

Tanggal : 18 May 2012

 

JOil, sebuah perusahaan bioenergi berbasis di Singapura, mengumumkan pengembangan jarak pagar PRG (Produk Rekayasa Genetik) yang menghasilkan bahan bakar hayati dengan kualitas yang lebih baik untuk otomotif, penerbangan, dan industri pembangkit listrik. Jarak pagar PRG memiliki  biji dengan kandungan asam oleat yang lebih tinggi. 

 

Menurut Dr Hong Yan, kepala peneliti JOil, tanaman  bahan bakar hayati yang mereka kembangkan adalah jarak pagar PRG pertama yang telah mencapai tahap akhir persetujuan untuk uji lapang. Mereka mengharapkan bahwa komersialisasi tanaman hasil rekayasa genetik akan berlangsung dalam tiga sampai empat tahun karena proses regulasi panjang yang diterapkan bagi tanaman hasil rekayasa genetik. 

 

Profesor Chua Nam-Hai, ketua Komite Peneliti Ilmiah JOil, mengatakan: "Untuk tanaman bioenergi seperti jarak pagar, rekayasa genetik akan sangat penting untuk mendapatkan sifat-sifat yang diinginkan yang sulit  dicapai melalui pemuliaan tanaman secara tradisional. Dengan tersedianya berbagai platform teknologi. dan pemahaman yang baik tentang gen-gen yang bertanggung jawab terhadap berbagai sifat, kita dapat mensisipkan sifat-sifat yang diinginkan ke dalam jarak, seperti toleransi yang lebih baik terhadap kekeringan dan resistensi yang lebih baik terhadap patogen. " 

 

Baca selengkapnya di: 

http://www.joil.com.sg/uploads/news/JOil_Biotech_Jatropha_Press_Release___14052012.pdf.