Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PERUBAHAN DIBUTUHKAN UNTUK PENGKAJIAN DAN PROSES PERSETUJUAN EROPA BAGI TANAMAN GENOM-EDITED

Tanggal : 10 July 2019

Penggunaan dan perilisan tanaman rekayasa genetika (RG) di bawah regulasi Komisi Eropa. Namun, setelah dua dekade tanaman RG dijual secara komersial di AS, Uni Eropa (UE) hanya menyetujui lisensi dua varietas tanaman RG untuk budidaya: kentang MON810 dan Amflora.

 

Menurut artikel perspektif yang ditulis oleh Nigel Halford dari Rothamsted Research, pengembang tanaman RG baru-baru ini berfokus untuk lebih melihat perizinan penggunaan tanaman RG untuk pakan dan pangan, dari pada mengembangan varietas tanaman RG baru. Selain itu, makna RG dalam konteks bioteknologi tanaman juga tidak didefinisikan dengan baik. Karena itu, ada ketidakpastian tentang bagaimana tanaman genome-edited seharusnya diregulasi. Bersamaan dengan itu, negara-negara anggota memberlakukan larangan nasional tentang tanaman RG tanpa bukti konkret masalah keamanan.  

 

Dengan situasi dan sistem regulasi saat ini, ada jaminan bahwa tidak ada perusahaan biotek yang ingin mengembangkan tanaman RG baru di UE. Hal ini tidak hanya berdampak pada pertanian Eropa, tetapi juga pasar dan persediaan komoditas global. Oleh karena itu, ada kebutuhan mendesak untuk mengubah sikap dan sistem regulasi tanaman RG.  

 

Untuk lebih lengkap, baca artikel lengkapnya di Journal of Science of Food and Agriculture https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/jsfa.9227.