Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PERKEMBANGAN GENETIK BARU DALAM GANDUM BERTUJUAN MENINGKATKAN HASIL

Tanggal : 24 February 2016

Para peneliti dari Texas A&M AgriLife Research Dr. Shuyu Liu akan menutup kesenjangan pengetahuan tentang lokasi sifat kunci dalam genom gandum dan bagaimana untuk mengaksesnya. Penelitian ini melibatkan tiga populasi gandum dari dua kultivar populer AgriLife Research, TAM 111 dan TAM 112, dan tanaman gandum beragam lainnya.

 

Single nucleotide polymorphisms (SNPs) adalah jenis yang paling umum dari variasi genetik pada tanaman, hewan, atau manusia, dan variasi seperti yang ditemukan di seluruh genom gandum, bertindak sebagai penanda biologis. Sebuah array chip dengan 90.000 penanada SNP dikembangkan oleh komunitas gandum internasional, dan telah menjadi metode penanda genetik umum yang digunakan oleh para pembibit gandum dan genetika. Dari 90.000 penanda, hanya sekitar 40.000 dari mereka yang telah dipetakan ke kromosom, menurut Liu. Penelitian AgriLife telah mengkonfirmasi bahwa 13.000 SNP sebelumnya dipetakan dalam persilangan tiga populasi gandum mereka, dan baru memetakan 2190 SNPs yang unik. 15.000 SNP yang telah mereka konfirmasi sedang digunakan untuk mempelajari sifat-sifat yang kompleks seperti hasil, komponen hasil dan toleransi panas, serta penyakit dan resistensi serangga yang dikendalikan oleh gen dominan tunggal.

 

Lebih lanjut baca rilis beritanya di situs Texas A&M AgriLife Research http://today.agrilife.org/2016/02/21/new-wheat-genetic-advancements-aimed-at-yield-enhancement/.