Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENEMUAN: GEN YANG BERIKAN KETAHANAN TERHADAP SEPTORIA

Tanggal : 14 February 2018

Para peneliti telah, untuk pertama kalinya, mengisolasi satu gen yang akan memberikan gandum sebuah ketahanan alami terhadap Septoria tritici blotch (STB, or Septoria). Septoria adalah penyakit utama daun pada gandum di daerah beriklim sedang dan merupakan ancaman utama produksi gandum global, yang mampu mengurangi separuh hasil panen. Penyakiti ini disebabkan oleh jamur patogen Zymoseptoria tritici

 

Gen, yang disebut Stb6, telah dikenal selama 20 tahun, tetapi pemetaan dan isolasinya membutuhkan waktu lima tahun untuk diselesaikan oleh tim peneliti yang dipimpin oleh Kostya Kanyuka di Rothamsted Research dan Cyrille Saintenac di National Institute for Agricultural Research (INRA).

 

Kanyuka mengatakan bahwa gen Stb6 efektif melawan hanya sebagian kecil strain jamur,  terutama yang mengeluarkan satu matching protein, disebut AvrStb6. Protein Stb6 entah bagaimana mengenali protein jamur ini, yang menyebabkan aktivasi respon pertahanan pada gandum.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penelitian ini, baca Rothamsted Research News https://www.rothamsted.ac.uk/news/another-blow-fungal-infection.