Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENELITIAN: TEKNOLOGI TRANSFORMASI TRUBUS PADA JAGUNG

Tanggal : 12 September 2012

Sebuah tim peneliti dari Tianjin University, China mengembangkan teknologi efektif dan sederhana untuk transformasi genetik jagung menggunakan tunas meristem dari dua galur bawaan jagung yaitu galur induk tian tawu dan 7922. Gen Phytoene synthase (psy) disisipkan pada jagung dengan metode transformasi-mediasi Agrobacterium.

Faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi transformasi dioptimalkan dalam penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa kondisi transformasi optimal adalah waktu infeksi dengan vakum selama 20 menit dan waktu kultivasi selama 3 hari. Hasil analisis RT-PCR dan HPLC menunjukkan bahwa gen psy terintegrasi ke dalam genom jagung. Kandungan karotenoid total dalam jagung transgenik meningkat 25% dibandingkan dengan tipe liar. Metode ini menghilangkan proses yang tidak berguna dalam  kultur jaringan dan terbukti menjadi metode transformasi sederhana.

Lihat makalah yang diterbitkan oleh Bioteknologi China di http://159.226.100.150:8082/biotech/CN/volumn/home.shtml. Informasi lebih lanjut kunjungi http://www.chinabic.org/