Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENELITIAN: PERBANDINGAN AGROBACTERIUM DAN PARTICLE BOMBARDMENT UNTUK PENGEMBANGAN TANAMAN TRANSGENIK HIGH-EXPRESSING, LOW-COPY

Tanggal : 6 February 2013

ara ilmuwan dari University of Queensland di Australia melakukan penelitian untuk membandingkan dua mekanisme transformasi genetik tanaman, Agrobacterium-Mediated Transformation (AMT) dan penembakan partikel menggunakan whole plasmid (WP) dan minimal cassettes (MC). Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efisiensi transformasi dua metode tersebut, kompleksitas integrasi transgen, dan ekspresi transgen pada tanaman.

Untuk melihat perbandingan langsung, para peneliti menggunakan identical expression cassette sebagai penanda dan gen-gen reporter di semua perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam efisiensi transformasi WP dan MC ketika jumlah DNA-nya sama. Ketika konsentrasi MC menurun, efisiensi transformasi menjadi setara dengan ATM, sehingga keduanya dapat digunakan secara efisien untuk menghasilkan tebu yang low copy – high expression.