Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENELITIAN PEMBERIAN CAHAYA TENTANG BAGAIMANA TANAMAN BERNAFAS

Tanggal : 27 September 2017

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Plant Journal, sebuah tim yang dipimpin oleh Profesor Richard Morris dari John Innes Centre, Norwich, Profesor Silke Robatzek dari The Sciencebury Laboratory, Norwich, dan kolaborator dari Universitas Madrid, mengembangkan model 3D pertama sel penjaga. Sel penjaga mengendalikan pembukaan stomata, pori-pori sangat kecil yang digunakan oleh tanaman untuk pertukaran gas, regulasi air, dan pertahanan patogen.

 

Penelitian ini mengungkapkan pentingnya tiga karakteristik berbeda dari sel penjaga yang memungkinkan mereka berfungsi secara efektif. Pertama adalah turgor, atau tingkat tekanan air di dalam sel. Kedua adalah elastisitas dinding sel, dan yang ketiga adalah geometri berbentuk ginjal yang mengubah tekanan menjadi perubahan bentuk.

 

Penelitian tambahan menemukan kekakuan tak terduga di daerah ujung sel penjaga, atau kutub. Ketegasan itu mencerminkan penjepitan mekanik ujung sel penjaga, yang mencegah stomata meningkat seiring saat dibuka. Hal ini menyebabkan peningkatan kecepatan pembukaan pori dan pori-pori yang lebih besar, yang memberi stomata 'lebih baik'. Ini diamati pada Arabidopsis, tomat, dan jagung, yang menunjukkan bahwa hal ini tersebar luas di seluruh spesies tanaman.

 

Lebih lengkapnya tersedia di John Innes Centre News and Events https://www.jic.ac.uk/news-and-events/news/2017/09/changing-guard-research-sheds-light-how-plants-breathe/.