Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENELITIAN: PARA PENELITI INVESTIGASI PROSES RACUN BT PADA LARVA ULAT GRAYAK

Tanggal : 13 June 2013

Ulat grayak /ngengat (Mythimna unipuncta) adalah spesies ngengat yang terkenal karena larvanya dapat merusak tanaman jagung. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui kerentanan larva ulat grayak terhadap racun Bacillus thuringiensis. Penelitian yang dilakukan oleh Meritxell Pérez-Hedo dan rekan-rekannya di Universitat de Lleida, Spanyol ingin mengetahui dampak yang timbul jika racun Bt dihilangkan dari usus larva ulat. Mereka juga mengamati efek dari dosis racun tersebut.

 

Larva ulat grayak diberi makanan yang mengandung daun jagung Bt dan non-Bt dalam jumlah yang bervariasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa larva menunjukkan sedikit perbedaan berat badan, pertumbuhan, atau berat pupa. Sebagian besar racun itu cepat diekskresikan oleh larva. Larva menghilangkan atau mengeluarkan racun pada membran peritrofik, semipermeabel, dan struktur non-selule. 

 

Temuan penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pengelolaan resistensi serangga yang lebih luas untuk jagung.

 

Baca abstrak penelitian di http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/eea.12074/abstract;jsessionid=F2FA1E32632070E1529018C9184B8227.d02t04?deniedAccessCustomisedMessage=&userIsAuthenticated=false