Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENELITIAN: ILMUWAN KEMBANGKAN RUMPUT FESCUE MENGGUNAKAN MUTASI GEN ALS DARI PADI

Tanggal : 9 January 2013

Rumput Tall Fescue (Festuca arundinacea) adalah rumput perennial yang banyak digunakan untuk fungsi penghijauan dan juga sebagai rumput untuk lapangan golf, lapangan atletik, dan ditanama di pinggir jalan. Karena penting secara ekonomis, beberapa sistem transformasi sedang dikembangkan untuk perbaikan terhadap tanaman ini. Hikoro Sato dari NARO Institut Ilmu Ternak dan Padang Rumput di Jepang, bersama-sama dengan para ilmuwan lainnya mengembangkan rumput tall fescue  transgenik menggunakan gen sintase acetalactate dari beras dengan mutasi titik tunggal [OsALS (sm)] yang resisten terhadap herbisida pyriminobac (PM). Mereka menggunakan gen tersebut sebagai marker dan kemudian dievaluasi toleransinya terhadap herbisida. Mereka memilih kalus melalui inkubasi dengan herbisida.

Semua tanaman regenerasi yang dihasilkan memiliki gen OsALS (sm). Tanaman transgenik disemprot herbisida PM dan tetap tidak terpengaruh sedangkan tanaman non trasgenik tidak tumbuh dan mati. Analisis lebih lanjut menegaskan bahwa produksi protein OsALS (sm) memberikan toleransi terhadap herbisida PM.

Sato dan rekan-rekannya juga menyilangkan salah satu tanaman transgenik dengan tanaman jantan steril sitoplasma yang menghasilkan tanaman jantan-steril F1, untuk mencegah aliran serbuk sari transgenik ke lingkungan. Dengan demikian, gen OsALS (sm) itu tidak hanya efektif sebagai marker tetapi juga membantu dalam mengembangkan tanaman toleran herbisida.