Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENELITIAN: ILMUWAN IRRI KEMBANGKAN BERAS EFISIEN-FOSFOR

Tanggal : 24 August 2012

Para ilmuwan di International Rice Research Institute (IRRI) telah menemukan sebuah gen, PSTOL1, yang memungkinkan padi tumbuh lebih besar dan akar yang  lebih baik untuk membantu menyerap fosfor lebih banyak. Fosfor adalah nutrisi penting dalam produksi tanaman pangan, sehingga sangat penting untuk mengembangkan tanaman efisien-fosfor untuk ketahanan pangan dan mengurangi penggunaan pupuk.

Dr Matthyas Wissuwa dari Japan International Research Center for Agricultural Sciences mengidentifikasi sifat kuantitatif lokus utama yang terkait dengan toleransi kekurangan- fosfor, Pup 1, pada varietas padi konvensional Kasalath. Kemudian, bekerja sama dengan tim yang terdiri dari ilmuwan-ilmuwan di IRRI yang dipimpin oleh Dr Sigrid Heuer, mereka menemukan Pup 1-protein spesifik gen kinase, yang diberi label PSTOL1.

Tim juga menemukan bahwa overekspresi PSTOL1 pada varietas padi modern dapat meningkatkan hasil gabah ketika dihadapkan pada tanah yang memiliki kurang-fosfor. Mereka melakukan analisis lebih lanjut dan menemukan bahwa gen tersebut meningkatkan pertumbuhan akar pada tahap awal pengembangan, sehingga memungkinkan tanaman untuk mendapatkan lebih banyak fosfor dan nutrisi penting lainnya.