Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENELITIAN: GALUR KAPAS ATNPR1 TUNJUKKAN KETAHANAN TERHADAP PENYAKIT BUSUK AKAR

Tanggal : 19 December 2012

Patogen tanah Thielaviopsis basicola menyebabkan penyakit busuk akar pada beberapa tanaman termasuk kapas. Tanaman yang terinfeksi menunjukkan adanya perubahan warna pada akar menjadi coklat tua atau hitam, yang selanjutnya akan menghambat pertumbuhan dan produksi tanaman. Vinod Kumar dari Universitas A & M Texas dan rekan-rekannya melakukan penelitian untuk menganalisis pengaruh T. basicola terhadap penyakit Arabidopsis NPR (AtNPR1)- galur kapas, yang memiliki daya tahan tinggi terhadap beberapa patogen.

Kumar dan timnya melaporkan bahwa AtNPR1-mengekspresikan galur kapas yang memiliki tingkat toleransi signifikan terhadap busuk akar hitam. Tanaman transgenik menunjukkan gejala warna hitam yang mirip dengan tanaman kontrol, tetapi tanaman transgenik pulih lebih cepat dan kembali tumbuh normal. Tanaman transgenik juga memiliki massa akar yang lebih tinggi dan panjang tunas lebih panjang.

Analisis lebih lanjut mengungkapkan bahwa akar tanaman transgenik memiliki induksi yang lebih  kuat dan lebih cepat akan pertahanan terhadap gen seperti PR1, taumatin, glukanase,, LOX1 dan kitinase. Temuan ini menegaskan bahwa overekspresi gen kapas AtNPR1 memberikan spektrum resistensi yang luas terhadap hama.