Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENELITIAN BIOTEKNOLOGI UGANDA DIDORONG MELALUI FASILITAS BARU

Tanggal : 4 October 2017

Penelitian biotek Uganda mendapat dorongan lain dengan diluncurkannya fasilitas curah hujan terbesar di kawasan ini. Fasilitas ini merupakan bagian dari pengembangan kapasitas oleh program NEWEST Rice di Uganda untuk pemuliaan secara efektif untuk efisiensi penggunaan air dalam panen. Dilengkapi dengan atap bergerak, fasilitas ini memungkinkan ilmuwan melakukan pengujian terkontrol untuk toleransi kekeringan pada padi dan tanaman lainnya. Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan dan melepaskan varietas pilihan petani yang Nitrogen-use Efficient, Water-use Efficient and Salt Tolerant (NEWEST) melalui rekayasa genetika.

 

Berbicara saat peluncuran pada tanggal 26 September 2017, Dr. Sanni Kayode, manajer Rice Project di African Agricultural Technology Foundation (AATF) mencatat bahwa Uganda akan menjadi negara pertama di Afrika yang merilis teknologi RG publik sepenuhnya jika National Biotechnology and Biosafety Bill disetujui Sampai saat ini, RUU Keamanan Hayati telah disahkan oleh Parlemen Uganda, dan menunggu tanda tangan Presiden untuk diimplementasikan sebagai undang-undang. Dr. Kayode mendesak pejabat pemerintah saat ini untuk mempercepat persetujuan RUU ini yang akan memungkinkan pelepasan komersial tanaman RG di negara ini. Dr. Jimmy Lamo, penyidik utama proyek tersebut menunjukkan bahwa lima dari galur NEWEST Rice telah menunjukkan potensi hasil yang lebih tinggi di bawah kondisi tingkat nitrogen rendah pada tanah daripada NERICA 4 - yang merupakan varietas konvensional yang paling banyak dibudidayakan di negara ini. "Ini adalah salah satu alat untuk memperbaiki keuntungan genetik dalam padi dan mengkonsolidasikan investasi dalam tanaman yang sangat penting," tegas Dr. Godfrey Asea, Direktur National Crops Resources Research Institute dimana fasilitas tersebut diselenggarakan.

 

Proyek NEWEST Rice dikoordinasikan oleh African Agricultural Technology Foundation (AATF) dan mitra lainnya dengan dukungan dari USAID.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai bioteknologi di Uganda. Hubungi Koordinator Uganda Biosciences Information Center di ubic.nacrri@gmail.com.