Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENELITIAN: ATBHLH17 DAN ATWRKY28 TINGKATKAN KETAHANAN TERHADAP CEKAMAN ABIOTIK PADA ARABIDOPSIS

Tanggal : 3 April 2013

Sejumlah ilmuwan mengontrol adaptasi stres pada tanaman dengan mengubah ekspresi gen tertentu yang terlibat dalam jalur sinyal kompleks. Peneliti K.C. Babitha dan koleganya di University of Agricultural Sciences, India menyatakan bahwa AtbHLH17 (AtAIB) dan AtWRKY28, faktor-faktor transkripsi (TF) diketahui dapat distimulasi dalam kondisi di bawah kekeringan dan stres oksidatif, pada Arabidopsis. Mereka mengembangkan ekspresi multigen dengan dua gen dan gen GUS melalui teknik kloning. Eksperesi multigen ini berhasil terintegrasi seperti yang hasil yang ditunjukkan pada tes GUS dan analisis transgen pada tanaman PRG.

Dibawah kondisi stres manitol, pertumbuhan akar secara signifikan lebih tinggi terjadi pada tanaman PRG. Pertumbuhan di bawah tekanan (stress) dan pertumbuhan dalam masa pemulihan secara signifikan lebih tinggi pada tanaman PRG yang berada dalam kondisi stress dalam jangka waktu lama. Selanjutnya, para peneliti melaporkan ekspresi beberapa gen target yang berperan dalam berbagai kondisi stres. Beberapa gen memiliki salah satu elemen cis WRKY atau bHLH di daerah promotor mereka yang menunjukkan adanya tingkat transkrip yang lebih tinggi daripada jenis liar. 

Berdasarkan temuan ini, ekspresi gen TF dua atau lebih dapat meningkatkan toleransi stres tanaman. Baca abstrak penelitian di http://link.springer.com/article/10.1007/s11248-012-9645-8