Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENELITI VIETNAM ANALISIS FUNGSI ERF8 ARABIDOPSIS YANG TERLIHAT DI E.COLI

Tanggal : 17 January 2018

Ethylene-responsive factor 8 (ERF8), merupakan anggota dari superfamili AP2/ERF, merupakan salah satu faktor transkripsi yang terlibat dalam represi penuaan daun pada tanaman. Penuaan daun merupakan tahap akhir dari perkembangan daun dan melibatkan mobilisasi nutrisi dari daun tua ke jaringan yang baru tumbuh. Pengaturan penuaan daun bergantung pada usia perkembangan tanaman, dan juga dipengaruhi oleh berbagai rangsangan ekternal.

 

Penelitian telah menunjukkan bahwa kombinasi dari ERF8 dan ERF4 merupakan kunci jalur persinyalan yang terkait dengan perkembangan penundaan daun. Namun, tidak ada penelitian khusus yang dilakukan tentang ERF8. Oleh karena itu, menyelidiki fungsi dan interaksi dari ERF8 dianggap sebagai strategi efektif untuk mengendalikan ketahanan tanaman terhadap faktor-faktor stres.

 

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Nguyen Thanh Huyen dan koleganya, ERF8 diperkuat dari cDNA Arabidopsis thaliana oleh Polymerase Chain Reaction, kemudian diklon ke dalam vektor pTZ257R/T. Gen ini kemudian dikelompokkan kedalam vektor ekpresi pGEX-5X dan terlihat dalam Escherichia coli strain BL21. Para peneliti menganalisis faktor-faktor dan menentukan kondisi optimal untuk ekpresi protein ERF8 dalam E. coli train BL21 (pada 30°C setelah 3 jam induksi dengan 0,5 mM IPTG). Akhirnya, protein rekombinan ERF8 dimurnikan dengan kromatografi afinitas untuk penelitian lebih lanjut. 

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penelitian ini, baca artikel aslinya dalam Bahasa Vietnam http://www.tapchikhoahocnongnghiep.vn/uploads/news/2017_12/25.pdf.