Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENELITI UNGKAP PERAN SLJAZ2 DALAM TOMAT

Tanggal : 24 January 2018

Protein JAZ (Jasmonate ZIM-domain) merupakan reseptor penting dalam jalur persinyalan asam jasmonik. Protein JAZ juga diketahui berperan dalam berbagai proses pengembangan dan dalam ketahanan stres biotik dan abiotik Arabidopsis. Namun, penelitian JAZs dalam tomat (Solanum lycopersicum) jarang terjadi, terutama perannya dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

 

Tim peneliti Xiaohui Yu dari Universitas Chongqing di Tiongkok mengisolasi satu gen JAZ khas tomat, SIJAZ2. Tanaman tomat transgenik mengekespresikan SIJAZ2 secara berlebih menunjukkan inisiasi daun lebih cepat, mengurangi tinggi dan panjang ruas tanaman. Mereka juga mengamati trikoma lebih sedikit, munculnya tunas lateral lebih cepat, dan pembungaan lebih cepat.

 

Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa gen yang berhubungan dengan elongasi sel dan sintesi giberelin diturunkan, serta gen yang mengendalikan formasi trikoma. Inisiasi bungan pada tanaman transgenik lebih cepat sebagai hasil dari upregulation gen pengatur waktu pembungaan setelah SIJAZ2 diekspresikan berlebih.

 

Penelitian ini menunjukkan bahwa gen SIJAZ2 terlibat dalam mempercepat transisi tanaman dari tahap vegetatif ke tahap dewasa.

 

Lebih lanjut mengenai studi ini, baca artikelnya di Plant Science https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0168945217307264.