Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENELITI UNGKAP JAGUNG MON810 DAN NK603 TIDAK MEMILIKI DAMPAK BAGI KESEHATAN DAN METABOLISME TIKUS

Tanggal : 19 December 2018

Sebuah studi baru yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dilakukan oleh konsorsium penelitian besar yang dipimpin oleh INRA melaporkan bahwa menu makanan yang didasarkan pada jagung transgenik MON810 dan NK603 tidak berefek pada kesehatan dan metabolisme tikus. Dalam konsisi proyek GMO 90+1, para peneliti tidak mendeteksi bahaya apa pun dari menu makanan jagung MON810 dan NK603 pada kesehatan dan metabolisme tikus, bahwa setelah periode paparan panjang.

 

Selama enam bulan, tikus diberi makan menu yang mengandung baik jagung rekayasa genetika (RG) (MON810 atau NK603) atau jagung non-RG, dalam konsentrasi yang berbeda-beda. Menggunakan teknik high-throughput biology, para peneliti tidak menemukan penanda biologis signifikan yang terkait dengan menu makanan jagung transgenik. Pemeriksaan patologi anatomi juga mengungkapkan tidak ada perubahan pada hati, ginjal, atau sistem reproduksi tikus yang diberi makanan mengandung jagung RG. Periode enam bulan, yang dua kali lipat dari tes yang disyaratkan oleh regulasi Eropa, setara dengan sepertiga umur rata-rata tikus.

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis beritanya dari Inserm https://presse.inserm.fr/en/mon-810-and-nk603-gm-maize-no-effects-detected-on-rat-health-or-metabolism/33249/ atau abstrak jurnal di Toxicological Sciences https://academic.oup.com/toxsci/advance-article/doi/10.1093/toxsci/kfy298/5236972.