Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENELITI TEMUKAN GEN YANG BERIKAN PENINGKATKAN KETAHANAN TERHADAP HAWAR BAKTERI UBI KAYU

Tanggal : 21 March 2018

Singkong (Manihot esculenta) merupakan tanaman pangan penting di daerah tropis. Namun, produksinya sangat dipengaruhi oleh hawar bakteri ubi kayu yang disebabkan oleh Xanthomonas axonopodis pv. manihotis (Xam). Selain itu, informasi mengenai gen yang terkait ketahanan dalam singkong sangat terbatas.

 

Ion kalsium memainkan peranan penting dalam jalur persinyalan stres. Protein Calcineurin B-like (CBLs) dan CBL-interacting protein kinases (CIPKs) adalah komponen penting dari sinyal kalsium ini. Peneliti dipimpin oleh Yu Yan dari Universitas Hainan, mempelajari ekspresi CIPKs pada singkong (MeCIPKs) dalam responnya terhadap infeksi Xam.

 

Tim memilih tujuh kandidat MeCIPKs untuk penelitian lebih lanjut. Melalui ekspresi sementara pada daun tembakau, tim menemukan bahwa enam MeCIPKs memberikan peningkatan respon pertahanan dalam singkong dengan mengatur beberapa gen yang terkait ketahanan. Yang paling menonjol dari gen ini adalah MeCIPK23, yang berintekasi dengan MeCBL1 dan MeCBL9 untuk memberikan respon ketahanan yang lebih baik.

 

Ekpresi berlebih dari tiga gen ini berikan peningkatan respon ketahanan. Sebaliknya, gen menahan salah satu dari ketiga gen ini mengakibatkan kepekaan penyakit pada singkong.

 

Penelitian ini menyarankan bahwa MeCIPK23, serta MeCBL1 dan MeCBL9, dapat memberikan peningkatan respon pertahanan terhadap Xam.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikel di Plant Call Reports https://link.springer.com/article/10.1007/s00299-018-2276-7.