Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENELITI SIMPULKAN KEAMANAN PSEUDOMONAS SEBAGAI SUMBER GEN UNTUK TANAMAN RG

Tanggal : 14 February 2018

Para peneliti dari DuPont Pioneer, AS, menyelidiki keamanan bakteri Pseudomonas chlororaphis sebagai sumber gen tanaman rekayasa genetika. Hasilnya dipublikasi dalam artikel akses terbuka di jurnal Transgenic Research

 

Tanaman RG melalui proses pengkajian berbasis sains yang ketat untuk mengkarakterisasi keamanan pangan, pakan, dan lingkungan mereka sebelum komersialisasi. Proses pengkajian keamanan memerlukan berbagai langkah seperti evaluasi setiap sifat yang diperkenalkan, termasuk organisme sumbernya, untuk kemungkinan efek yang tidak diinginkan. Para peneliti telah menemukan bahwa spesies Pseudomonas telah diterapkan dengan aman di pertanian dan beberapa diantaranya merupakan sumber gen yang baik dengan karakteristik insektisida. Secara khusus, P. chlororaphis memiliki satu gen ipd072Aa, yang mengekspresikan satu protein yang memberikan perlindungan terhadap hama koleopteran spesifik ketika dimasukkan ke dalam jagung.

 

Menurut makalah tersebut, P. chlororaphis banyak terdapat di lingkungan dan tidak memiliki sifat beracun atau alergenik berdasarkan pengkajian sebelumnya. Hal ini terkait erat dengan patogen tanaman dan manusia, tetapi telah memiliki sejarah panjang penggunaan yang aman. Dengan demikian, bisa menjadi kandidat sumber gen yang baik untuk mengembangkan tanaman tahan serangga. 

 

Baca artikel penelitian di Transgenic Research https://link.springer.com/article/10.1007/s11248-018-0061-6.