Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENELITI PURDUE IDENTIFIKASI GEN KEDELAI BARU UNTUK MELAWAN PHYTOPHTHORA

Tanggal : 20 September 2017

Para peneliti dari Universitas Purdue dan Dow AgroSciences telah menemukan satu gen kedelai baru yang memberikan ketahanan terhadap beberapa jenis Phytophthora sojae, patogen yang ditularkan melalui tanah yang menyebabkan petani kedelai di AS kehilangan sekitar US$ 250 juta per tahun karena busuk batang dan busuk akar kedelai.

 

Para peneliti menyaring beragam bahan genetik kedelai dan mengidentifikasi gen Rps11 yang memberikan ketahanan kuat terhadap Phytophthora sojae. Penemuan ini akan memungkinkan pengembangan penanda molekuler sehingga gen ketahanan dapat digabungkan dengan cepat ke dalam varietas kedelai elit untuk membantu melindungi hasil kedelai petani terhadap busuk batang dan busuk akar. Dow AgroSciences bermaksud membuat teknologi ini tersedia secara luas untuk para petani kedelai.

 

Untuk lebih lengkap, baca Purdue University Agriculture News https://www.purdue.edu/newsroom/releases/2017/Q3/breakthrough-soybean-research-by-purdue-and-dow-agrosciences-could-save-farmers-millions.html.